Rabu, 17 Desember 2008

Kuasai Dunia dengan Teknologi Informasi

Dewasa ini, perkembangan teknologi sangat cepat dan sulit terbendung lagi, termasuk salah satunya adalah teknologi komunikasi dan informasi. Dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi, orang dapat bertukar informasi antarkota, antar negara, bahkan antar benua sekalipun.
Dulu, untuk mengirim dokumen penting digunakan jasa pos, begitu pula dalam melakukan surat-menyurat antar relasi. Saat ini, untuk melakukan suatu pengiriman surat dan dokumen serta transaksi jual beli dapat dilakukan dengan hanya duduk di depan komputer pribadi. Teknologi yang sangat mendukung adalah teknologi komunikasi dan informasi yang dikenal dengan nama internet (world wibe network).
Dengan menggunakan internet, seseorang dapat mencari informasi yang ia butuhkan, misalnya informasi tentang sekolah, beasiswa, bisnis, pemerintah, berita terbaru, film terbaru dan permainan (game). Tidak hanya itu, banyak hal lain yang dapat dilakukan melalui internet. Bahkan, berbelanja pun dapat dilakukan melalui internet. Yang pasti internet menawarkan dirinya sebagai sumber informasi, alat komunikasi, dan hiburan bagi penggunanya.
Selain internet, ada juga teknologi yang berkembang pesat, yaitu intranet. intranet atau internal network merupakan sistem jaringan lokal yang sudah menjadi primadona. Internet telah berkembang di perusahaan-perusahaan besar yang digunakan sebagai jaringan komputer untuk komunikasi data standar seperti halnya internet. Karena kemampuanya, intranet juga sering disebut berinternet dalam lingkungan lokal atau dalam jaringan perusahaan. Pada dasarnya, teknologi yang digunakan antara intranet dan internet adalah sama. Namun, ada beberapa perbedaan antara intranet dan internet, seperti ruang lingkup akses dan jangkauannya.
Dalam kebutuhan bisnis, intranet merupakan sarana penyampaian informasi sehingga dapat dianggap sebagai media informasi yang efektif. Beberapa perusahaan besar sudah menggunakan intranet sebagai alat komunikasi dalam perusahaan karena intranet juga dapat mengakses semua pelayanan internet pada web browser.

1 komentar:

Wulandari mengatakan...

blognya masih sederhana nieh...!!!
perkarya lagi ya...